Kamis, 24 Oktober 2019

5 Jenis Alat musik Pukul


1.      Kolintang



Alat musik kolintang merupakan alat musik yang dipukul dan berasal dari daerah Minahasa Sulawesi Utara. Kolintang adalah jenis alat musik perkusi yang terbuat dari kayu. Biasanya kayu yang dipakai dalam pembuatan kolintang adalah kayu lokal yang ringan namun kuat seperti kayu telur, kayu waru, kayu cempaka dan kayu wenuang.
2. Perangkat Gamelan


Alat musik ini biasanya menonjolkan gambang, gendang, gong, demung, saron dan peking. Semua alat musik tersebut dimainkan dengan cara dipukul. Gamelan merupakan satu kesatuan alat musik yang dibunyikan secara berdampingan. Kata gamelan berasal dari bahasa Jawa yaitu gamel yang mempunyai arti memukul atau menabuh.

3. Calung


Alat musik pukul yang satu ini terbuat dari bambu dan berkembang di daerah banyumas. Cara untuk memainkan alat musik ini adalah dipukul pada bagian ruas bambu yang tersusun berdasarkan tangga nada. Bambu yang digunakan untuk membuat calung biasanya menggunakan awi wulung (bambu hitam) atau bisa menggunakan awi temen (bambu ater yang berwarna hijau).
4. Xylophone

Alat musik ini masuk kedalam golongan perkusi yang berasal dari Slovakia. Xylophone ini berasal dari bahasa Yunani yaitu Xylo yang artinya kayu dan phone yang artinya suara. Alat musik ini terdiri dari susunan kayu dengan berbagai ukuran. Supaya menghasilkan suara, alat musik ini harus dipukul dengan alat pemukul khusus yang bernama malet.
Alat pukul malet ini ada yang terbuat dari kayu, plasik atau karet. Perlu diketahui bahwa setiap kayu pada alat musik ini menghasilkan nada tertentu. Kayu yang lebih panjang akan menimbulkan suara yang rendah, sedangkan kayu dengan batang yang lebih pendek akan menimbulkan suara yang pendek.

5. Vibraphone


Alat musik vibraphone ini biasanya sering disebut dengan nama vibraharp atau vibes. Vibraphone ini termasuk ke dalam golongan keluarga perkusi. Bentuk dari vibraphone ini mirip dengan alat musik xylophone. Alat musik ini terbuat dari batang-batang alumunium dan memiliki pedal seperti pada piano.
Saat pedalnya naik, batang alumunium tersebut menjadi tertahan dan menghasilkan suara yang pendek. Akan tetapi saat pedalnya turun maka suara yang dihasilkan akan menjadi tinggi. Vibraphone ini biasanya digunakan untuk mengiringi musik jazz.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar